from Russia With L.o.v.e

saya jadi sangat tertarik untuk mempelajari karya karya Pushkin, ^^ memang inilah the power of komik! siapa bilang Komik itu tidak mendidik? (kata orangtua saya setiap aya beli komik baru) tapi selama ini saya mendapat pengetahuan dan karakter pribadi  saya dari KOMIK!:)

Saya sempat mikir, klau saya masih tinggal di Bandung, saya ingin kuliah sastra, saya sempat menyesal dulu saya sempat ngeremehin kuliah sastra dan memilih untuk kuliah desain interior yang akhirnya malah mendamparkan saya ke pulau ini. Okay back to the point, sastra Rusia, jadi pengen kuliah sastra Rusia!  Fyi, dulu saya denger Kang Ibing ngambil kuliah sastra Rusia di Unpad dengan murid cuma dia seorang! XD Haha,, hebat, sekarang saya pengen banget ikut jejak si Kang Ibing!

Oh ya, di Rusia kan Pushkin udah terkenal banget, sampe dijuluki the father of Russian People, jadi patung beliau ada di mana – mana, okay, kalau saya ke Russia nanti, ini bakal jadi tempat yang paling pertama saya kunjungi, selain museum pushkin,  Bolshoi Ballet theathre and the famous Kremlin! ini merupakan one of the statue of Pushkin with Natalya :) indah!

Karya Karya Pushkin juga sudah banyak yang didokumetasikan di film, drama musikal dan juga ballet. Karya – karya Pushkin yang terkenal itu Eugene Onegin, Ruslan & Lyudmilla, dan uhm.. apa lagi ya? banyak  sih yang ikut diceritakan di dalam komik Bronze angel, tapi saya lupa XD lagipula  mungkin belum begitu terkenal bagi orang Asia, I should read more!. Kemarin sempat download (karena di Indo gak ada yang jual) film Eugene Onegin (film Hollywod sih, yang main Liv tyler sama Ralph Fiennes), Sama film biografinya Pushkin yang judulnya Pushkin  (film Rusia tanpa subtitle!!) tapi worth to see!! sebenernya ada juga sih film film musikal rusia yang diadaptasi dari karya Pushkin  yang sepertinya indah, tapi susah didapat! mesti beli di amazon!

Onegin movie

Film Pushkin versi Russia!

Film musikal Onegin dari Bolshoi, pengen dapetin versi ini!!

Anna Karenina merupakan karya terkenal  Leo Tsolsoy, yang konon kisahnya terisnpirasi dari kehidupan Natalya Nikolaevna istri Pushkin, baru dibuat film versi 2012, yang main Kiera Knightley, dan may fave cute english actor Aaron Johnson! ohmygod! (jadi  kebayang kalo dia jadi D’anthes!! cocok!!) dan ohmygod, jangan lupa ada english actor lainnya yang gak kalah cute.. JUDE LAW! (ohmygod kebayang kao dia jadi Pushkin.. haha,, tapi gak,  disini dia jadi Tsar) Ceritanya sebenernya bukan tentang tragedi cinta segitiga pushkin , natalya dan D’anthes, tapi terinspirasi dari itu (cuma saya aja yang ngebayangin mereka bertiga jadi cast di komik Bronze Angel :p). Oh ya, buku Anna Karenina ini udah lama bertebaran di Gramed , sialnya pas saya cari lagi kok gak nemu ya..? ahhh.. nyesel deh kenapa waktu itu gak langsung beli aja! its very worth to buy and read!!!!

film anna Karenina 2012

Aaron Johnson sebagai Vronsky, dia cocok banget ya jadi D’anthes? hihi..

Kalau puisi, banyak banget,, katanya sih kalau udah terjemahan bakal beda dari bahasa Rusia aslinya, tapi menarik juga untuk dibaca dan dipelajari, :) saya suka puisi beliau yang tersispirasi dari istrinya Natalya, “I loved you”, mungkin ini puisi Pushkin yang lumayan populer dan digemari, berikut petikan puisinya  dalam bahasa Inggris:

I loved you:
 and, it may be, from my soul The former love has never gone away,   
But let it not recall to you my dole; I wish not sadden you in any way. 
I loved you silently, without hope, fully, In diffidence, in jealousy, in pain; 
I loved you so tenderly and truly, As let you else be loved by any man. 

:)))) (Kalau ada Ayu Utami di sebelah saya saya pasti suruh 
beliau buat translate ke bahasa Indo yang puisi 
style bgt :))

Ahhh…  jadi penggemar Pushkin nih!!!

Oh ya, btw, inget gak kucing Saito Chiho,  Chuchu Taro si kucing Siberia yang suka ada di halaman akhir komik Bronze Angel? saya kemarin gak sengaja nemu blognya Saito Chiho yang asli, dan tadaaa… banyak banget gambar Chucu Taro disana,, imut ya? what do u think? ^^

Chucu Taro ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s